Pengertian Simulasi Digital, Pengertian Kelas Maya, Presentasi Video, Komunikasi Daring, Buku Digital, Cara Daftar Edmodo

Kamis, 16 Maret 2017

Bentuk Komunikasi Daring Sinkron

Bentuk Komunikasi Daring Sinkron - Komunikasi dalam jaringan sinkron merupakan pengunaan komputer untuk berkomunikasi dengan orang lain pada waktu yang sama melalui bantuan perangkat lunak (software). Salah satu contoh dari komunikasi daring sinkron adalah text chat (chatting), video chat, video conference, dan lain-lain.

Layanan text chat (chatting) memungkinkan anda melakukan komunikasi daring menggunakan text dengan orang lain. Perbedaan mendasar antara text chat (chatting) dengan email merupakan sifat text chat (chatting) yang merupakan komunikasi sinkron, memastikan pesan yang dikirim akan dibaca saat itu juga jika anda lainnya sedang  daring (online). Contoh layanan text chat (chatting) antara lain gtalk, yahoo messenger, facebook chat, dan lain-lain. Terdapat juga layanan text chat (chatting) yang berbasis perangkat genggam seperti whatsapp, line, kakao talk, dan lain-lain.

Berbeda dengan layanan text chat (chatting), layanan video chat, dinamakan juga video call (VC) atau video phone, memungkinkan anda untuk berkomunikasi antarpribadi 1 ke 1, dengan menghadirkan mitra bicara dalam bentuk visual dengan suara ke hadapan anda. Pada umumnya, video chat harus dilaksanakan secara sinkron, di mana anda dan mitra bicaranya harus ada di depan komputer secara serempak (pada waktu yang sama). Contoh layanan video chat antara lain facebook video call (VC), skype, google+ hangout, facetime, dan lain-lain.

Bentuk Komunikasi Daring Sinkron
Skype
Video conference merupakan layanan video chat yang dilakukan secara antarpribadi antara 3 orang atau lebih (multipoint) dengan beberapa layanan tambahan seperti berbagi layar, papan tulis, dan lain-lain. Beberapa layanan video chat dapat juga digunakan untuk video conference, antara lain skype, google+ hangout,bigbluebutton, Cisco webex, dan lain-lain.

Terdapat berbagai layanan video call (VC) dan video conference yang telah tersedia. Beberapa contohnya antara lain: Skype, Bigbluebutton, Cisco Webex, Google+ hangout, Umeetme. Setiap layanan video call (VC) dan video conference tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Google+ Hangout merupakan layanan video chat dan video conference yang bersifat gratis dan memiliki beragam fitur di dalamnya. Fitur-fitur tersebut antara lain: video conference hingga 10 orang, layanan white board, berbagi layar, remote desktop, berbagi video youtube, dan lain-lain. Mempertimbangkan berbagai layanan tersebut, dalam artikel ini selanjutnya Kita akan menggunakan Google+ Hangout untuk melakukan komunikasi daring sinkron.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bentuk Komunikasi Daring Sinkron

0 komentar:

Posting Komentar