Pengertian Simulasi Digital, Pengertian Kelas Maya, Presentasi Video, Komunikasi Daring, Buku Digital, Cara Daftar Edmodo

Jumat, 17 Maret 2017

Cara Menggunakan Google Hangouts

Cara Menggunakan Google Hangouts - Google+ hangouts adalah bentuk komunikasi daring sinkron fitur layanan video chat gratis dari Mbah Google yang memungkinkan obrolan satu lawan satu dan obrolan grup hingga sepuluh orang pada waktu bersamaan. Google+ hangouts lebih memfokuskan pada video chatting antarkelompok, bukan satu ke satu, dan mempunyai teknologi yang bisa mengubah fokus layar pada orang yang sedang berbicara. Baca juga : Pengertian Komunikasi Daring

Google+ hangouts bisa diakses melalui komputer, laptop, dan perangkat mobile Android, (Android v2.3 ‘Gingerbread’ ke atas) serta akan dikembangkan untuk perangkat iOS. Selain video chatting, pengguna Google+ hangouts bisa berbagi dokumen, scratchpads, gambar, dan video YouTube dengan pengguna lain. Google+ hangouts juga menawarkan fitur ‘Siaran Hangouts’ untuk penyiaran percakapan video langsung yang bisa diakses oleh siapa pun dengan web browser.

Cara Menggunakan Google Hangouts
Cara Menggunakan Google Hangouts
Berikut adalah langkah-langkah memulai penggunaan Google+ hangouts.

a.    Chatting di Google+ Hangouts
1) Masuk ke profil pengguna Google+ Hangouts berada pada sebelah kanan atas halaman. Klik kotak + pada “Hangout baru” di bawah daftar Hangouts. Daftar tersebut akan menampilkan kontak kalian dan lingkaran (circles) pada Google+.

2)  kalian bisa mencari orang dengan mengetikkan nama, alamat email, nomor telepon atau lingkaran. Centang kotak di samping untuk setiap orang yang ingin kalian tambahkan ke Hangout. Klik menu ikon pada untuk melihat pilihan menu. Jika orang lain tidak online, mereka akan menerima pesan  pada saat mereka membuka Hangouts.

3) Pilih format Hangout untuk memulai baik video atau teks Hangout. kalian bisa mengaktifkan obrolan teks ke dalam video chat setiap saat.

4) kalian bisa memilih teks Hangouts untuk chatting. kalian bisa membagikan emoticon dengan klik atau membagikan foto dengan klik ikon    .

5) Menyalakan chat dalam panggilan video. caranya adalah klik tombol kamera video ikon di bagian atas kotak chatting. Orang yang kalian  undang  akan  menerima pemberitahuan bahwa kalian sedang berusaha untuk memulai chatting video. kalian bisa video chat pada komputer dan perangkat mobile. Jika kalian belum pernah memasang plugin “Google voice and video setup”, maka kalian harus memasang plugin itu terlebih dahulu.

Video chatting tidak mengharuskan kedua pengguna mempunyai kamera. kalian bisa melakukan video chat dengan kamera dan mikrofon di salah satu pengguna, dan direspon menggunakan teks.

6) teman yang kalian undang selanjutnya akan mendapat undangan dari kalian. Sesudah undangan diterima, maka foto teman kalian akan tampil. kalian bisa berkomunikasi secara langsung.

7) Untuk kembali menambahkan teman lain dalam video hangout tersebut, klik “Buat hangout group bersama” ikon.

b. Pesta Hangouts
1) kalian juga bisa melakukan panggilan video serentak hingga 10 orang. caranya adalah dengan klik “Mulai Hangout video“ di sudut kanan bawah halaman. Hangout. Sebuah Hangout bersama memungkinkan seluruh orang terhubung melalui video dan teks. kalian bisa berbagi video YouTube dan berkolaborasi pada dokumen.

Pengguna ponsel bisa bergabung dengan Hangout tersebut, meskipun mereka akan mempunyai akses terbatas ke fitur tambahan, seperti video YouTube dan integrasi Google Docs.

2) Akan muncul undangan video hangouts. Tuliskan diskripsi, tambahkan nama, lingkaran atau alamat email selanjutnya klik tombol “Bagikan”. kalian bisa membatasi panggilan untuk pengguna berusia 18 tahun dan lebih.

3) Mulai Chatting
Sesudah webcam dan audio sudah kalian setting dengan benar, kalian bisa mulai video maupun chatting. Panel bawah di jendela Hangout menunjukkan seluruh pengguna terhubung ke Hangout kalian. Panel kiri menunjukkan aplikasi yang disediakan oleh Hangouts. Untuk bisa melakukan chatting bersamaan dengan video, caranya adalah klik Ngobrol di sebelah kiri. Sesudah itu ketik pesan yang ingin disampaikan di kotak bagian kanan bawah.

4) Berbagi layar
Aplikasi untuk berbagi layar (desktopsharing) antar anggota hangoutsbisa digunakan untuk diskusi dengan cara menampilkan di layar seluruh peserta dan bisa dibaca oleh seluruh peserta. Untuk menggunakannya klik tombol “Berbagilayar” di sebelah kiri, selanjutnya pilih layar mana yang akan dibagikandengan klik “StartScreenshare”.

5) Mengambil Foto (Jepret)

Klik tombol “Jepret” lalu pilih layar yang akan difoto, selanjutnya klik logo kamera. Untuk melihat hasilnya, klik pada bagian kanan bawah.

6) Google Effect
Klik tombol Google Effects di menu kiri. Pengaruh menu tersebut akan menggantikan frame Obrolan di sebelah kanan. kalian bisa menarik efek ke pemutaran video chat untuk menambahkan topi, kacamata, dan dekorasi menyenangkan lainnya. Klik tanda panah di bagian atas jendela Efek untuk mengubah kategori.

Untuk menghapus seluruh efek yang sudah kalian tambahkan, klik "X Hapus seluruh efek" link di bagian bawah menu Efek.

7) SlideShare
SlideShare digunakan untuk melakukan presentasi. Untuk itu arahkan mouse menu di sebelah kiri, selanjutnya cari file presentasi yang ingin ditampilkan pada kotak pencarian. Pastikan file yang akan dipresentasikan tersebut sudah terlebih dahulu di-upload di www.slideshare.com.

8) Google Drive
Ketika kalian mengklik tombol Google Drive pada menu sebelah kiri, daftar seluruh dokumen Google Drive akan muncul. kalian bisa memilih dokumen yang ingin kalian bagikan. Klik “Pilih” untuk membagikan file yang akan dibagikan
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menggunakan Google Hangouts

0 komentar:

Posting Komentar