Pengertian Simulasi Digital, Pengertian Kelas Maya, Presentasi Video, Komunikasi Daring, Buku Digital, Cara Daftar Edmodo

Rabu, 15 Maret 2017

Tata krama Komunikasi Asinkron

Tata krama Komunikasi Asinkron - Komunikasi merupakan kegiatan yang melibatkan dua atau lebih  orang, sehingga wajib diperhatikan tatacara serta tatakrama (etiket) dalam melakukannya. Hal tersebut menjadi makin penting dalam tatakrama berkomunikasi daring, karena kedua belah pihak Jangan bertemu langsung, sehingga lebih rentan terhadap terjadinya kesalahpahaman. Beberapa contoh tatakrama komunikasi daring asinkron adalah sebagai berikut:

a. Gunakanlah bahasa dan kata-kata yang baik dan sopan. Bedakan pemilihan kata sesuai hubungan kalian dengan penerima pesan. Saat mengirim pesan pada Guru atau atasan, gunakan bahasa yang formal. Saat mengirim pesan kepada teman, kalian dapat menggunakan bahasa yang lebih santai.

Tata krama Komunikasi Asinkron

b. Jangan menuliskan seluruh kalimat dengan huruf kapital. Dalam tata  krama korespondensi elektronik, penulisan seluruh kalimat menggunakan huruf kapital berarti sama dengan berteriak atau marah-marah.

c. Jangan menggunakan jenis huruf (font) yang beragam. Gunakanlah font stkalianr, dengan ukuran yang stkalianr. Karena penggunaan font yang beragam akan menyulitkan pembacaan dan melelahkan mata.

Baca juga : Pengertian Komunikasi Daring

d. Kejelasan penulisan subjek, gunakanlah subjek yang dapat langsung dimengerti oleh penerima email kalian.

e. Perhatikan penerima CC, dan perhatikan juga penerima BCC email kalian. Dianjurkan untuk mengirim CC ataupun BCC berdasarkan hak membaca e-mail tersebut.

f. Segera menanggapi pesan yang diterima. Beritahukanlah terlebih dahulu jika kalian memerlukan waktu tambahan untuk membalas pesan.

g. Jangan meneruskan pesan yang Jangan penting. Karena tidak semua orang menyukai lelucon atau gambar yang kalian kirimkan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tata krama Komunikasi Asinkron

0 komentar:

Posting Komentar