Pengertian Simulasi Digital, Pengertian Kelas Maya, Presentasi Video, Komunikasi Daring, Buku Digital, Cara Daftar Edmodo

Rabu, 17 Mei 2017

Fitur Fitur Edmodo Lengkap dengan Fungsinya

Fitur Fitur Edmodo Lengkap dengan Fungsinya - Untuk memaksimalkan pembelajaran dalam kelas maya, Edmodo menyediakan fitur-fitur yang bisa kalian manfaatkan. Beberapa fitur tersebut adalah sebagai berikut. Baca juga: Pengertian Edmodo dan Fungsinya

1. Menjawab Pemungutan Suara (Poll)
Guru kalian bisa memanfaatkan fitur ini untuk melakukan pemungutan suara sederhana terhadap sebuah kegiatan di kelas maupun untuk memperoleh umpan balik dari kalian mengenai tugas ataupun kegiatan-kegiatan lain tersebut. Untuk bisa menjawab poll, kalian cukup mengklik salah satu opsi yang diberikan oleh guru kalian, selanjutnya klik tombol vote.

2. Berbagi Parent Code
Orang tua kalian juga bisa mengikuti perkembangan belajar dan capaian yang telah kalian laksanakan dalam belajar melalui Edmodo. Untuk bisa melakukannya, orang tua kalian perlu menbisakan parent code. Enam (6) digit parent code ini tersedia di halaman bertemana kalian. Kalian cukup memberikan kode tersebut kepada orang tua kalian, selanjutnya minta orang tua kalian untuk mendaftar pada Edmodo, dan menggunakan kode tersebut untuk terhubung dengan kalian.

3. Memanfaatkan Edmodo Planner
kalian bisa merencanakan kegiatan kalian dengan mengklik ikon Edmodo Planner Toolbar Apps di sisi kanan halaman depan. kalian bisa melihat tanggal jatuh tempo, tugas, dan acara di semua kelas kalian.

Pada Edmodo Planner, kalian bisa melakukan hal-hal berikut.
1) Menambah kegiatan pribadi beserta deskripsinya sesuai tanggal yang dipilih dengan di sebelah kanan Planner atau klik ketika kalian berada pada hari (Day) pada tampilan minggu (Week).
2) Tambahkan tugas pribadi dengan mengklik yang muncul ketika kalian berada pada bagianSomeday.
3) Periksa tugas pribadi yang sudah selesai kalian kerjakan dengan mengklik tombol kotak di samping tugas.
4) Lihat kegiatan setiap grup dengan mengklik Everything di pojok kanan atas dan pilih grup mana yang kalian ingin lihat.
5) Pilih tampilan Bulanan (Monthlyview) dan Mingguan (Weeklyview).
6) Cetak atau Ekspor Planner Edmodo dengan mengklik di bagian kanan atas.

4. Memanfaatkan Notifications
kalian akan menbisakan pemberitahuan berupa pesan langsung dari guru (Direct Messages), pengumuman (alerts), catatan (notes), balasan (replies), tugas (assignments), dan juga kuis (quizzes).Untuk melihat notifikasi, bisa kalian klik ikon yang terletak di pojok kanan atas halaman Edmodo kalian.

Notifikasi siswa di sini tergantung pada pengaturan notifikasi kalian sebelumnya.
Apabila kalian udah tidak memerlukan notifikasi tersebut, kalian bisa menghapus notifikasi tersebut dengan mengikuti langkah berikut.
1) Klik ikon notifikasi pada halaman utama Edmodo.
2) Pilih notifikasi yang akan dihapus dari menu drop-down.
3) Pada halaman notifikasi, kalian bisa memilih RemoveAll untuk menghapus semua notifikasi. kalian juga bisa menghapus notifikasi yang diinginkan dengan memilih Remove from Notifications.

Baca juga: Pengertian Kelas Maya

5. Menggunakan Fitur Pencarian (Search) dan Filter
apabila kalian ingin mencari tugas, kuis, atau pesan tertentu di Edmodo, maka hal tersebut bisa segera kalian temukan dengan bantuan fitur Search. kalian juga bisa melakukan pencarian terhadap post, kelas (group), guru, siswa lain, maupun aplikasi yang telah kalian tambahkan dalam kelas dengan cara mengetik keyword di Searchposts, groups, users, apps and more yang ada padanavigation bar kalian. Untuk menutup pencarian, klik "X" di sisi kanan filter pencarian dari aliran komunikasi.

Untuk membantu kalian dalam menyaring posting yang tersedia, kalian bisa memanfaatkan fasilitas filter. Filter merupakan cara yang bagus untuk menemukan posting jenis ertentu.Ikuti langkah-langkah berikut untuk menggunakannya.
a. Klik tombol Filter Posts Bydi kanan atas halaman Edmodo.
b. Pilih salah satu pilihan filter berikut.
1) Author: Penulis posts
• By Me: Posting yang ditulis kalian
• By Teachers: Posting yang ditulis guru kalian

2) Type: Jenis
• LatestPosts: Posting terakhir
• Alerts: Pengumuman
• Assignments: Penugasan
• Feeds (RSS)
• Polls: Poling
• Quizzes: Kuis

3) More: Lebih detail
• Direct Messages: Pesan langsung kalian
• Recent Replies: Jawaban terakhir kalian

6. Melihat Lencana
Guru kalian bisa memberikan penghargaan untuk kalian berupa sebuah lencana digital (badge). Lencana ini bisa kalian peroleh karena perilaku kalian, hasil penilaian kalian, keaktifan partisipasi kalian dalam kelas maya, dan sebagainya. apabila kalian ingin melihat semua Lencana yang kalian bisakan, kalian bisa melihatnya melihatnya dua cara yang berbeda.kalian bisa melihat Lencana yang telah kalian peroleh dari Profil kalian dan Progress kalian.

Untuk melihat Lencana kalian dari Profil kalian, ikuti petunjuk di bawah ini.

a. Klik ikon yang terbisa di pojok kanan atas halaman depan Edmodo.
b. Klik Profile dari menu drop down.
c. Badges di sebelah foto kalian menunjukkan jumlah lencana yang kalian koleksi. apabila kalian mempunyai banyak lencanakalian bisa melihat semuanya dengan klik SeeAll.

Melihat Lencana dari Profile
Untuk melihat Lencana per kelas/Group, kalian bisa melakukan dengan langkah berikut.
a. Klik ikon padatoolbaratas, pilih grup/kelas yang kalian pilih.
b. Klik Tab Progressdi panel sebelah kiri.
c. Klik Badges di tengah area, maka akan muncul lencana yang kalian bisakan di grup tersebut.

7. Memanfaatkan Apps Launcher
Apps Launcher merupakan kumpulan aplikasi tambahan yang tersedia di Edmodo. Untuk membukanya, kalian bisa mengklik ikon di sebelah kanan Edmodo kalian. Setelah mengklik ikon tersebut, kalian bisa membuka aplikasi yang tersedia dengan mengklik aplikasi yang diinginkan. kalian juga bisa membuat shortcut untuk aplikasi kesukaan kalian dengan menggesernya di bawah ikon.

Aplikasi akan bertambah apabila guru kalian telah menginstal aplikasi terkait dalam kelas maya yang telah dibuat oleh guru kalian. Berikut contoh tampilan Aplikasi setelah guru menginstal beberapa aplikasi.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Fitur Fitur Edmodo Lengkap dengan Fungsinya

1 komentar: