Pengertian Simulasi Digital, Pengertian Kelas Maya, Presentasi Video, Komunikasi Daring, Buku Digital, Cara Daftar Edmodo

Minggu, 12 Maret 2017

Bentuk Komunikasi dalam jaringan (daring) Asinkron

Bentuk Komunikasi dalam jaringan (daring) Asinkron: email (surat elektronik) - Komunikasi dalam jaringan (daring) tak serempak atau komunikasi asinkron ialah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan jaringan Internet yang dilakukan secara tunda. Jenis komunikasi asinkron antara lain email (surat elektronik), forum, blog, jejaring sosial (social network) dan website.

Di dalam artikel ini, hanya akan dibahas penggunaan email (surat elektronik) sebagai salah satu bentuk komunikasi asinkron. Alamat email (surat elektronik) merupakan bagian dari identitas di dunia maya. Hampir seluruh layanan dalam jaringan (daring) mensyaratkan kepemilikan email (surat elektronik) untuk dapat mengakses layanan tersebut.

Bentuk Komunikasi dalam jaringan (daring) Asinkron
email
Email (surat elektronik) singkatan dari electronic-mail yang berarti surat elektronik disingkat surel. Lebih khusus, email (surat elektronik) ialah cara pengiriman data, file teks, foto digital, file audio, dan video dari satu komputer ke komputer lainnya dalam jaringan (dalam jaringan (daring)) Internet. 

Kelebihan email (surat elektronik) dibandingkan surat biasa.
Email (surat elektronik) akan langsung terkirim ke alamat tujuan dalam waktu yang singkat

Email (surat elektronik) dapat menampung lampiran (attachment) berupa file digital

Sebagian besar email (surat elektronik) tidak memerlukan biaya selain untuk koneksi Internet Dari segi layanan, terdapat email (surat elektronik) gratis dan email (surat elektronik) berbayar.

Email (surat elektronik) gratis ialah kegiatan surat menyurat melalui jaringan Internet tanpa mengeluarkan biaya dalam penggunaannya. Pada umumnya biaya yang diperlukan hanyalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Walaupun kadang terdapat layanan tambahan yang berbayar, misalkan surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman. Contoh email (surat elektronik) Gratis ialah : Yahoo! mail, Gmail , Livemail, Hotmail, dll.

Email (surat elektronik) berbayar ialah kegiatan surat-menyurat melalui jaringan Internet yang dikenai biaya tambahan. Anda diwajibkan membayar untuk berlangganan email (surat elektronik) dengan layanan yang tidak didapatkan pada email (surat elektronik) gratis. Sebagai contoh yahoo! mail plus dengan berbagai layanan tambahan, antara lain: tambahan kapasitas email (surat elektronik), perlindungan terhadap virus, bebas iklan, dan berbagai layanan tambahan lainnya.

Salah satu penyedia layanan email tidak berbayar ialah Gmail. Gmail merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh Google. Berikut ini merupakan beberapa fasilitas yang dimiliki oleh Gmail.

Memiliki kapasitas penampungan email (surat elektronik) yang besar. Secara terus- menerus kapasitas penampungan tersebut selalu ditambah.

Memiliki fasilitas pencarian (search) untuk membantu proses pencarian

Eemail (surat elektronik) tertentu dalam penampungan email (surat elektronik) Anda.

Mendapatkan akses aplikasi Google lainnya, antara lain:

Google Drive
Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuka lampiran dokumen secara langsung tanpa mengunduh terlebih dahulu.

Google Talk
Memungkinkan sesama pengguna Gmail untuk berkomunikasi secara sinkron.

Google Calendar
Memungkinkan Anda untuk mengagendakan berbagai kegiatan.

Mendapatkan layanan POP dan Forwarding
POP (Post Office Protocol) ialah layanan untuk mengunduh email (surat elektronik) dari Gmail ke komputer pribadi sehingga dapat Anda baca secara luring (offline). Forwarding ialah fasilitas untuk meneruskan email (surat elektronik) yang masuk ke Gmail ke email (surat elektronik) lain secara otomatis.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bentuk Komunikasi dalam jaringan (daring) Asinkron

0 komentar:

Posting Komentar